Pengalaman Mendampingi Customer Dengan Masalah Jerawat #1

Karena berkaitan dengan pengalaman, maka tulisan kali ini akan berbentuk cerita. Tentu saja akan mengandung informasi yang mungkin Anda butuhkan dalam berbelanja atau upaya Anda mengatasi masalah kecantikan kulit atau kesehatan Anda yang tentunya berkaitan dengan penuaan.

Customer Saya kali ini, pertama kali menghubungi Saya pada hari Minggu, 2 Juli 2017. Meminta bantuan untuk diajarkan cara penggunaan produk Nuskin. Saya langsung mengajukan pertanyaan pertama Saya, “Apakah Anda distributor Nuskin?”. Jawabannya adalah “Bukan, Saya bukan distributor”.

Biasanya Saya akan bertanya, apakah Anda member atau distributor Nuskin?. Ini untuk memastikan bahwa Saya tidak melanggar kode etik bisnis Nuskin. Ini berkaitan dengan adanya larangan merekrut customer / member atau distributor dari jaringan lain untuk berbelanja atau bergabung dengan tim Saya. Kecuali, dengan keinginan sendiri dan secara sadar customer / member / distributor tersebut ingin menjadi customer atau bergabung dengan tim Saya.

Saya pun bertanya, “Jadi?”. Kemudian customer Saya ini memaparkan masalahnya. Pria berusia 34 tahun, sedang berada dan bekerja di luar negeri, memiliki masalah jerawat. Kemudian Saya pun mengajukan pertanyaan beruntun. Misalnya jika targetnya untuk perawatan wajah akan Saya tanyakan, “Apakah punya riwayat menggunakan krim racikan atau krim dokter?”, “Upaya apa saja yang sudah dilakukan untuk mengatasi masalahnya?”, bahkan “Bisa lihat jerawatnya seperti apa?”. Terkadang bahkan lebih baik Saya melihat jenis jerawatnya, karena berbeda jenis jerawat akan berbeda juga produk yang akan Saya tawarkan. Berbeda jenis jerawatnya akan berbeda penanganannya. Jadi jangan heran kalau Saya sangat kepo, tujuannya tidak lain adalah upaya dalam mendiagnosa masalah Anda dan memberikan solusi terbaiknya dengan efektif dan efisien. Oleh karena itu, jangan malu mengemukakan masalah Anda.

Kemudian customer ini menjelaskan bahwa awal mula dianjurkan orang tua untuk menggunakan produk Nuskin. Kemudian dari anjuran tersebut membuat customer Saya ini mencari produk Nuskin di Internet. Dan akhirnya memutuskan untuk langsung berbelanja dalam jumlah banyak di sebuah e-commerce. Di sana produk Nuskin di jual dengan harga murah. Lebih murah dari harga yang ditetapkan Nuskin Indonesia pada distributor-distributornya.

Ada harga, ada barang. Ada harga, ada pelayanan. Ada harga, ada kualitas. Customer Saya ini mendapatkan produk Nuskin dengan harga yang sangat murah. Namun, ada yang tidak bisa di dapatkan dengan membayar harga lebih murah. Misalnya, pendampingan selama pemakaian produk atau layanan konsultasi. Saya biasanya menjual produk dengan harga yang ditetapkan oleh Nuskin yang mungkin sedikit lebih mahal, namun Saya juga memberikan pelayanan konsultasi GRATIS bagi customer Saya.

Memiliki masalah jerawat dan sudah membeli produk dengan jumlah yang banyak dan mahal. Tentu mengharapkan layanan dan hasil yang maksimal.

Anda juga tentu mungkin pernah merasakan hal seperti ini, sudah beli mahal-mahal eh kok ditelantarkan. Atau sudah beli mahal-mahal kok ga ada hasilnya. Ini kemungkinan yang dirasakan oleh customer Saya saat itu.

Namun karena Saya baik hati, gemar menabung dan tidak sombong 🙂 akhirnya dengan beberapa pertimbangan, Saya bersedia mendampingi. Berikut beberapa pertimbangan:

  1. Walaupun pengetahuan produk bagus, jika kurang dalam hal menangani masalah customer maka pengetahuan Saya pun bisa menjadi percuma. Jam terbang kurang akan mengurangi kemampuan menangani masalah customer. Misalnya, customer kali ini adalah masalah jerawat dengan peradangan yang cukup parah.
  2. Di luar sana banyak penjual produk Nuskin, menjual Nuskin dengan serampangan. Yang penting mendapatkan keuntungan finansial saja. Saya sebagai distributor sekaligus konsultan Nuskin merasa memiliki tanggungjawab untuk menjaga citra Nuskin. Produk Nuskin yang Saya pahami adalah “BAIK”, hal ini berdasarkan penelitian bukan asal klaim. Namun, jika digunakan tidak dengan benar dan asal-asalan, pada akhirnya malah tidak memberikan efek apa-apa. Ini hanya akan membuat masyarakat akan berpikir bahwa Nuskin tidak bagus dan mahal. Padahal masalahnya bukan pada produk (karena produk Nuskin sudah melewati tahap penelitian lebih dari 30 tahun), tapi pada siapa Anda membeli produk Nuskin dan bagaimana Anda menggunakan produknya.
  3. Jika pendampingan Saya berhasil, paling tidak Saya bisa memberikan testimoni serta bukti kepada masyarakat bahwa produk Nuskin baik adanya, sebagaimana slogan Nuskin. “All of the good, none of the bad”.
  4. Karena membeli produk dari e-commerce, tentu customer Saya ini tidak mengetahui siapa yang menjual produk kepadanya, sehingga tidak bisa meminta layanan setelah pembelian (after sales service). Ini bisa menimpa Anda juga, misalnya barang tidak di kirim, produk yang di kirim berbeda atau sudah kadaluarsa, atau Anda hanya menerima produk dan tidak dijelaskan cara penggunaannya. Karena menurut Saya. Customer Saya ini benar-benar dalam kondisi kesusahan. Sehingga Saya bersedia mendampingi.
  5. Saya tidak mengambil customer dari distributor lain, dimana hal ini melanggar etika bisnis Nuskin. Customer Saya ini lebih seperti ditelantarkan setelah berbelanja. Melihat tidak ada kode etik yang dilanggar, sehingga Saya bersedia mendampingi.

Karena alasan untuk mendampingi lebih banyak, daripada tidak mendampingi. Misalnya: Customer Saya ini tidak berbelanja dari Saya, sehingga Saya tidak mendapatkan keuntungan finansial. Maka Saya mengabaikan alasan untuk tidak mendampingi dan lebih memilih untuk mendampingi penggunaan produk dalam upaya menuntaskan masalah jerawat customer Saya ini.

Customer dengan riwayat perawatan di klinik estetika.

Memiliki sejarah perawatan wajah di sebuah klinik estetika. Tentu Saya merasa perlu dan harus berhati-hati dalam menganjurkan penggunaan produk. Alasannya:

  1. Beberapa produk Nuskin memiliki efek adaptasi dengan kulit. Efek ini biasanya terjadi tergantung bagaimana cara merawat wajah sebelumnya.
  2. Beberapa produk Nuskin bisa saja bereaksi dengan sisa (residu) produk sebelumnya yang masih mengendap dibawah kulit.
  3. Beberapa produk Nuskin memiliki efek detoksifikasi.
  4. Pengguna produk memiliki sejarah alergi dengan bahan yang terkandung di dalam produk.

Terkadang ketiga hal di atas memberikan reaksi tertentu bagi pengguna, sehingga pengguna mengeluhkan ketidaknyamanan ketika menggunakan produk.

Ini mengapa Anda seharusnya ketika membeli produk apa saja, butuh berkonsultasi terlebih dahulu.

Untuk menghindari reaksi ini, biasanya Saya melakukan beberapa hal:

  1. Bertanya, tujuannya selain menggali masalah Anda dan apa tujuan Anda dalam menggunakan produk Nuskin. Saya berharap bisa memberikan produk yang tepat sasaran sesuai masalah dan meminimalisir adanya reaksi tertentu.
  2. Memberikan produk paling ringan, apapun masalah Anda biasanya Saya akan memberikan produk yang ringan terlebih dahulu. Jika produk ini sudah cukup dan bisa mengatasi masalah Anda, maka Saya tidak perlu meningkatkan ke tingkatan yang lebih tinggi. Tujuan pemberian produk teringan adalah terutama untuk meminimalisir reaksi adaptasi/detoksifikasi dengan produk Nuskin atau reaksi dengan residu produk sebelumnya yang bisa saja bereaksi dengan produk Nuskin.

Kemudian Saya menanyakan, produk apa saja yang telah dibeli?

Ketika menerima jawaban produk apa saja yang dibeli Saya agak kaget, namun merasa ada kewajaran. Memang produk yang diresepkan benar hampir semuanya adalah produk untuk jerawat, walau ada juga produk yang tidak diresepkan. Selain itu, jumlahnya juga sangat banyak. Merasa kaget dan wajar karena mau tidak mau, membeli produk dari e-commerce Anda akan ditawarkan jumlah yang banyak daripada bagaimana produk tersebut bisa menyelesaikan masalah Anda.

Karena masalah jerawat, maka e-commerce tempat customer Saya ini membeli produk Nuskin, menjual semua produk yang mungkin di pikirkan ada kaitannya dengan jerawat. Termasuk produk yang seharusnya belum perlu diresepkan, malah ada dan dijual ke customer.

Saya melihat walau harganya sudah di diskon besar-besaran, sudah di jual di bawah harga. Namun, masih tetap terasa sangat mahal. Saya bahkan bilang ke customer Saya ini, walau Saya menjual dengan harga normal yang diberlakukan oleh Nuskin, Anda masih bisa menghemat lebih dari separuh jumlah yang telah Anda belanjakan.

Saya menganjurkan bagi Anda yang memiliki masalah apa saja. Jangan pernah ragu untuk mengkonsultasikan masalah Anda terlebih dahulu. Untuk mengetahui produk apa yang cocok untuk Anda gunakan dan sesuai dengan masalah kulit Anda, silahkan menghubungi kontak yang tersedia.

Sesi Pendampingan

Sesi pendampingan di mulai sejak Saya dihubungi pertama kali pada bulan Juli, customer Saya ini ingin tahu banyak tentang Nuskin dan produknya. Maka Saya pun dengan sabar menjelaskan. Sesi pendampingan untuk penggunaan produk dimulai pada pertengahan bulan Agustus, dikarenakan produk yang di order baru tiba pada bulan tersebut dari Indonesia.

Ketika produk tiba, Saya agak khawatir masalah reaksi yang mungkin terjadi seperti yang telah Saya jelaskan diatas. Sehingga Saya pada mulanya membatasi produk yang digunakan. Misalnya untuk rangkaian Clear Action System dan Tegreen. Pada beberapa kasus kedua produk ini memiliki efek adaptasi dan detoksifikasi. Oleh karena itu, biasanya Saya tidak menyarankan untuk menggunakan kedua produk terlebih dahulu dan secara bersamaan. Terutama untuk mereka yang memiliki riwayat penggunaan produk tertentu atau mereka pengguna pemula produk Nuskin.

Merasa penasaran apakah Clear Action System akan memiliki reaksi, pada akhirnya Saya menganjurkan untuk menggunakan Clear Action Cleanser terlebih dahulu, mendapatkan laporan bahwa tidak ada reaksi apa-apa, kemudian Saya meningkatkan pada penggunaan produk selanjutnya, yaitu Clear Action Toner, Clear Action Day Treatment dan Clear Action Night Treatment.

Pada minggu pertama, customer Saya melaporkan setelah beberapa hari penggunaan, terjadinya reaksi berupa gatal pada wajah. Namun gatal ini masih bisa diabaikan/ditolerir dan tidak begitu mengganggu. Sehingga Saya tidak perlu menganjurkan untuk memberhentikan penggunaan produk.

Pada minggu kedua, customer Saya melaporkan bahwa kulitnya terasa sangat kering. Saya menjelaskan itu adalah efek dari Salicylic Acid yang terkandung di dalam produk.

Pada minggu ketiga, customer Saya melaporkan bahwa jerawatnya masih tetap ada dan muncul. Namun perubahan yang dirasakan adalah jerawatnya lebih mudah kering. Tidak seperti sebelumnya yang meradang berhari-hari. Berikut foto yang dikirimkan kepada Saya sejak awal pemakaian hingga hari ke 24, foto ini sama-sama di ambil menggunakan kamera hape Iphone 7+ Black Matte 256Gb kepunyaan customer Saya. Tanpa diedit kecuali menggunakan frame dan tulisan.

Testimoni_jerawat_nuskin_01

testimoni_jerawat_nuskin_02

testimoni_jerawat_nuskin_03

Pada minggu keempat (sekitar sebulan pemakaian), customer Saya melaporkan bahwa tekstur kulitnya lebih halus, terasa bersih dan kesat, serta lebih cerah.

Rencananya Saya masih akan terus melakukan pendampingan.

Apa yang bisa Kita pelajari dari pengalaman customer Saya ini, terutama untuk pengguna produk Nuskin untuk pertama kalinya?

  1. Konsultasikan masalah Anda dan upayakan mendapat penjelasan bagaimana mengatasi masalah Anda dengan baik sebelum menggunakan produk. Tanyakan juga proyeksi kedepan dari berbagai aspek, misalnya produk lain yang mungkin bisa di substitusi atau eliminasi.
  2. Ada perbedaan gaya dalam hal menjual produk antara penjual produk Nuskin dan konsultan produk Nuskin. Misalnya dari sisi harga, produk yang ditawarkan dan pelayanan. Semua tergantung kebijakan dan seni Anda dalam berbelanja produk Nuskin.
  3. Produk Nuskin bukanlah obat yang bisa bekerja instant sehingga tetap membutuhkan proses dalam mengatasi masalah Anda.

Untuk Anda atau kerabat Anda yang memiliki masalah jerawat dan sedang mencari solusi dalam mengatasi masalah jerawat Anda. Silahkan menghubungi Kami pada kontak yang tersedia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s